02/04/2016

Ukuran Angle (Pengukuran Sudut) - Satuan Ukuran dalam CSS

02/04/2016

css angle
Istilah Angle adalah tipe data CSS yang digunakan untuk menentukan perubahan nilai berdasarkan unit sudut. Penggunaan unit sudut ini digambarkan dalam dimensi lingkaran sebagaimana lingkaran sebuah jam. Dalam penulisannya (sintak CSS), ukuran Angle / sudut terdiri dari angka lalu diikuti oleh satuan ukuran pada ukuran Angle tanpa ada spasi diantara keduanya.
Units Deskripsi
deg Sudut dalam Derajat. Ada 360 derajat dalam lingkaran.
rad Sudut dalam Radian. Ada 2π radian dalam lingkaran.
turn Sudut bergantian. Satu lingkaran (360 derajat) adalah satu turns, artinya ada satu putaran dalam lingkaran
grad Sudut dalam Gradian, setara dengan 1/400 dari unit turn. Ada 400 gradians dalam lingkaran..

Satuan Ukuran CSS: Sudut Deg


Deg merupakan sudut dalam derajat. Nilai sudut deg berkisar antara nilai 0 sampai 360deg. Nilai dari satu lingkaran penuh pada sudut deg sama dengan 360deg, setengah lingkaran sama dengan 180deg.

Satuan Ukuran CSS: Sudut Rad


Rad merupakan sudut dalam radian. Nilai sudut rad berkisar antara nilai 0 sampai 2πrad. Nilai dari satu lingkaran penuh pada sudut rad sama dengan 2πrad, (setara dengan 360°). Karena itu setengah lingkaran sama dengan πrad (setara dengan 180°). Untuk mengubah atau mengkonversi radian menjadi derajat, kita hanya perlu mengalikan nilai radian dengan 180/π.
angle rad

Satuan Ukuran CSS: Sudut Turn


Turn merupakan sudut bergantian. Nilai sudut turn berkisar antara nilai 0 sampai 1turn, contoh: 0.1turn, 0.2turn, 0.3turn dst. Nilai dari satu lingkaran penuh pada sudut turn sama dengan 1turn, (setara dengan 360°). Karena itu setengah lingkaran sama dengan 0.5turn (setara dengan 180°).

Satuan Ukuran CSS: Sudut Grad


Grad merupakan sudut gradian. Nilai sudut grad berkisar antara nilai 0 sampai 400grad. Nilai dari satu lingkaran penuh pada sudut grad sama dengan 400grad, (setara dengan 360°). Karena itu setengah lingkaran sama dengan 200grad (setara dengan 180°).
Catatan
  1. Secara statistik, nilai sudut dapat direpresentasikan dalam berbagai cara; 0deg akan memiliki efek yang sama dengan 360deg atau 3600deg (setiap putaran ini mencapai titik yang sama pada lingkaran).
  2. Dalam penulisannya, nilai sudut ditulis dengan angka kemudian diikuti satuan sudut tanpa ada spasi diantara keduanya, contoh: 100deg
  3. Nilai dari masing-masing satuan sudut(angle) dapat dipresentasikan dengan nilai positif maupun negatif. Sebab, seperti yang telah kita ketahui, ukuran sudut digambarkan dalam linkaran sebagaimana lingkaran jam. Artinya, jika nilai yang kita tentukan searah jarum jam maka itu adalah nilai positif, contoh: 100deg. sedangkan jika nilai yang kita tentukan berlawanan dengan arah jarum jam, maka itu adalah nilai negatif, contoh: -100deg.